Pulau Manuk and Friends

Senin pagi, 31 Desember 2012.
Ini gue ama Boedel udah kece nungguin bis Bogor-Pelabuhan Ratu, pagi itu sekitar jam 7 lewat dikit. Niatnya mau berangkat jam 6, tapi pada kesiangan. Ada setengah jam berdiri di pinggir jalan bisnya mucul juga, bis ekonomi, nah mau naik apa nunggu yang ac kata Boedel. Emh... daripada lama lagi nunggu mending kita naik aja kata gue. Dan akhirnya kita sepakat naik itu bis resikonya berdiri kaga dapat tempat duduk, dan bayar Rp 35.000 buat sampe di terminal pelabuhan ratu.

Di dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar dua jam setengah, Si Boedel keleyengan udah mulai mabok jalan, ya mungkin karena jalurnya naik turun dan agak berkelok-kelok atau karena bisnya penuh dan kurang udara, yang jelas gue woles aja selama dalam perjalanan, asyik liat kiri kanan sambil nguyah permen jahe yang gue beli di abang-abang cangcimen. Sebenarnya ini salah satu trik gue biar ga mabok, makanin apa aja yang bisa gue makan, termasuk jambulnya Boedel kalo aja gak dia pegang mulu tuh jambul.

Tiba diterminal Pelabuhan Ratu, kita langsung lanjut perjalanan dengan naik angkutan umum jenis  ELF yang orang sana bilangnya Elep. Ada setengah jam kita nuggu di dalam mobil, barulah sekitar jam 10 lewat tuh mobil memulai perjalanan. Sempit, berbagi duduk dengan penumpang lain, gue dapat bangku di belakang Boedel, dan Boedel tepat dibelakang si supir. Bagus dia disana, biar bisa ngietin supir kalo kita turun di ci jengkol, takut kelewatan.

Dapat, Ekspresi Boedel naik ELF.

Jalan yang dilewatin dekat dengan garis pantai, jadi nggak ngebosanin. Bisa liat pemandangan laut, yang ombaknya gede-gede banget. Seperempat perjalanan berikutnya kita udah mulai naik turun jalan perbukitan, seru juga sih bisa liat hutan perbukitan ditambah dengan turunnya hujan pake deres pake lama jadinya agak ekstrem menurut gue, ada di dalam ELF yang penuh dengan penumpang naik turun tajakan. Breuuummmmm... suara mesinnya mengaung. Dalam hati gue berdoa, minta keselamatan dalam perjalanan sampe tiba di tempat tujuan.

Alhamdulillah selamat, tiba di di desa Ci Jengkol, dengan ongkos Rp 15.000. Cuacanya masih digandrungin hujan, neduh di warung bakso sambil nunggu jemputan si eneng. Eh ga dijemput kita disuruh jalan lewat panduannya via telpon. Ya udah tinggal nyebrang trus ikutin jalan setapak disana, Aku menunggumu di depan pintu, katanya. -___-"

Setengah satu siang, dirumah orangtuanya Yayu Nurmayanti, atau lebih dikenal dengan sebutan Teteh. Gue ama Boedel cengar cengir sambil serumput teh manis, disebelahnya ada sepiring buah salak. Kombinasi menu yang aneh menurut gue sebagai sajain buat tamu yang di undang. Hehe... Tapi jujur pas makan siangnya itu nikmat banget, menunya ada ayam goreng, semur jengkol, lalap dan sambel, plus suasana rintik diluar rumah, sederhana tapi nyesss, gue mpe nambah loh, sekali. Haha

Menu makan siang, Makyus cuss

Sebenarnya ga ada rencana buat gue sama boedel nempuh perjalanan sejauh ini, karena mungkin ikatan jomblo yang sangat kuat antara kita dengan anak yang punya rumah jadinya kami sepakat buat ngabisin malam tahun baru barengan. Dan heran gue, para jomblo tuh gak pernah habis bahan perbicangan, buktinya dari pertama masuk rumah sampe dengan malam tahun baru kelar ga berhenti-berhentinya kami ngomongin orang. Eehh... ngomongin orang yah, upss.

Gak ngomongin orang mulu sih sebenernya, banyak hal yang kami diskusikan selain itu, tentang kebodohan setahun lalu misalnya, konflik batin teteh ama boedel yang gak kunjung reda. Mimpi dan masa depan yang kalo ngomongin hal ini jantung gue degdegan mulu, nggak tahu kenapa gue selalu ingat seseorang, tahu dah dia ingat gue apa nggak. Jelasnya tiap kali bayangan dia muncul perut gue langsung melilit dan kepala gue jadi cenat cenut, tegang.

Gak ada pesta dimalam tahun baru ini, niatnya juga ga ada pesta-pestaan, semacam nyetel musik remix, minum bir, nyalain kembang api dan kemeyan. Cukup dengan bakar ikan sambil liatin bintang, romantiskan? padahal malam itu hujan. Hehe... Berakhir malam tahun baru yang ditutup dengan doa dan harapan masing-masing untuk setahun kedepan. Berikutnya boedel tidur paling dulu, disusul teteh, dan terkahir gue. Tidurnya tepisah kok, teteh dikamar dia dan gue ama boedel dikamar tamu (Kamar teteh yang dijadiin kamar tamu).

Pagi di desa cijengkol, itu judul puisi yang gue bikin sambil ngopi dan nikmatin udara segar di desa ini. Suasananya damai, alamnya juga mempesona. Di depan gue ada pegunungan hijau yang masih diselimutin awan tebal, terus ada juga suara derasnya air yang berasal dari sungai di belakang rumah teteh, dan beruntungnya lagi langit hari ini terlihat cerah.

Pagi Desa Cijengkol

Teras rumah Teteh

Natural Village

Jadi sebelum balik kami semua berencana untuk bermain pasir di Pulau Manuk. Setelah sarapan, kami berangkat dengan motor sewaan. Gue boncengan ama Ratna, adiknya teteh dan Boedel ama Teteh, eh ada satu pasangannya lagi, temenya teteh yang gue lupa namanya siapa.

Ada sekitar 30 menit untuk sampai dari rumah teteh, cijengkol menuju Pulau Manuk, dan subhanallah pemandangannya keren banget. Dari dataran tinggi gue bisa liat pasir putih dengan laut birunya yang nyatu ama ujung langit yang sama birunya, sekitarnya ada pegunungan hijau juga keliatan kotak-kotak kecil pemukiman penduduk disana. Aihh matek, ga bisa gue jabarin dengan istilah apapun.

Ratna, teteh sister

Sea and sky

Its me, Jrmoe

Mountain, river, and flower
Bermain, berlari, dan mandi di Pulau manuk. Waktu yang menyenangkan bersama Boedel, Teteh, dan Ratna. Dan hal yang menyenangkan itu ada di hari pertama di tahun 2013 ini untuk selanjutnya  menyenangkan sampai akhir tahun nanti. Aamiin.... Love you all :)